0
Language
Currency

Wisata 3 Gili akan Dibuka & Jadi Destinasi Percontohan NTB

arahdestinasi.com

Wisata 3 Gili akan Dibuka & Jadi Destinasi Percontohan NTB

ARAHDESTINASI.COM: Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) akan membuka destinasi wisata di tiga gili (Trawangan, Air dan Meno) di Kabupaten Lombok Utara. Tiga Gili menjadi lokasi wisata pertama yang dibuka untuk menyongsong normal baru.

"Provinsi NTB akan menjadikan destinasi wisata tiga gili sebagai percontohan pembukaan pariwisata dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19," kata Kepala Dinas Pariwisata NTB H Lalu Moh Faozal di Mataram belum lama ini seperti dilansir Antara.

Selama pandemi COVID-19, papar Faozal, sektor pariwisata lumpuh total. Praktis aktivitas industrinya mati suri. Banyak masyarakat yang terlibat di dalamnya menjadi pengangguran dan fasilitas perhotelan tidak beroperasi.

"Kami akan terus memberikan edukasi dalam membangun kesadaran masyarakat di kawasan wisata untuk tetap beraktivitas, namun dengan SOP normal baru," jelasnya.

Penerapan normal baru ini sebenarnya, kata dia, kehidupan yang akan dijalankan seperti biasa, namun dengan tetap menerapkan protokoler kesehatan agar menjadi kebiasaan. Dinas Pariwisata NTB Bersama Dinas Kesehatan, TGP2D dan unsur lainnya sedang menyempurnakan SOP normal baru berbasis kebersihan, kesehatan dan keselamatan atau Cleanliness, Health and Safety (CHS).

Faozal menjelaskan Pemprov NTB sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Utara untuk memastikan pergerakan wisatawan yang datang ke tiga gili. Penerapan protokol kesehatan secara ketat juga harus dilakukan semua hotel, restoran, maupun tempat wisata lainnya.

"Kawasan wisata ini akan menjadi destinasi yang dibuka pertama kali di NTB," katanya.

Kepala Dinas Kesehatan NTB Nurhandini Eka Dewi, mengatakan upaya membuka Kembali objek pariwisata di tiga gili akan menerapkan konsep SOP kesehatan yang ketat. (*)


sumber: https://www.arahdestinasi.com/travelnews/read/1731/wisata_3_gili_akan_dibuka___jadi_destinasi_percontohan_di_ntb