0
Language
Currency

Pantai Tanjung Bira, Pesona Kecantikan Pasir Putih Khas Sulawesi Selatan

travelingyuk.com

 Sulawesi Selatan memiliki kecantikan alam yang tiada tara. Salah satunya yang akan dibahas kali ini adalah Pantai Tanjung Bira. Apa istimewanya destinasi ini? Simak ulasannya!


Terletak 200 Kilometer dari Pusat Kota

 1img_1316_10c.jpg

Suasana pantai (c) Muhammad Saadduddin Tenripada/Travelingyuk

Pantai Tanjung Bira terletak di Kabupaten Bulukumba, Sulsel. Jaraknya boleh dibilang sangat jauh, sekitar 200 kilometer dari Kota Makassar. Dapat dikatakan bahwa posisinya tepat berada di ujung Sulawesi Selatan. Jauh sekali kan?


Tapi jangan khawatir, destinasi ini selalu jadi senjata ampuh bagi masyarakat sekitar untuk menarik masyarakat dan turis untuk datang ke sana. Banyak sekali yang ditawarkan, mulai dari pantai putih, alam bawah laut, dan juga pemandangan senja yang tidak ada duanya.


Indah Seperti Surga

 1img_1147_H3O.jpg

Suasana pesisir (c) Muhammad Saadduddin Tenripada/Travelingyuk

Pantai ini pantas jadi destinasi favorit Teman Traveler. Pemandangan langit yang tidak terhalang apapun dan terhampar luas sangatlah indah dan cantik. Pantai Tanjung Bira juga menawarkan pemandangan sunrise dan sunset yang bisa langsung dilihat dengan mata kepala sendiri. Pesona laut lepas Tanjung Bira yang begitu indah takkan didapatkan di tempat lain di Indonesia. Pokoknya cantiknya luar biasa!


Punya Pasir Sehalus Tepung

 1img_1281_26M.jpg

Kondisi pesisir (c) Muhammad Saadduddin Tenripada/Travelingyuk

Ciri khas utama Tanjung Bira adalah memiliki pasir pantai yang sangat halus, bahkan sangat kecil sehingga terasa seperti tepung. Banyak laut dan pantai yang tentu saja tidak memiliki ciri khas seperti ini. Sedangkan Tanjung Bira memilikinya.


Selain itu laut sini memiliki 3 lapisan warna yang terlihat indah di kejauhan. Pantainya pun bersih dan juga nyaman, tidak seramai di Bali atau Lombok. Alhasil, destinasi ini bisa menjadi tempat yang benar-benar menenangkan.


Dekat dengan Destinasi Favorit Lainnya

 1img_1288_wSl.jpg

Tanjung Bira (c) Muhammad Saadduddin Tenripada/Travelingyuk

Selain Pantai Tanjung Bira, kalian bisa mengunjungi wisata lainnya seperti Pulau Kambing dan Pulau Liukang. Banyak yang menyukai kegiatan snorkeling dan juga diving dengan memilih daerah ini. Alasannya karena biota bawah lautnya sangat indah dibanding tempat lain.


Setelah itu, kalian bisa menggunakan transportasi travel dari Makassar ke Bulukumba dengan biaya Rp40.000 per orang. Karena letaknya yang lumayan jauh maka harganya pun setara. Jika sudah sampai di Bulukumba, kalian bisa menggunakan mikrolet atau disebut pete-pete dan menuju ke Tanjung Bira. Biaya yang dikenakan hanya Rp15.000 per orang saja.



 

Untuk biaya tambahan, kalian akan dikenakan biaya atau harga tiket ke Pantai Tanjung Bira. Tidak mahal, hanya Rp10.000 per orang. Untuk wisatawan asing harus membayar Rp20.000 per orang. Kalian sudah bisa menikmati keindahan pantai.


Sajikan Kuliner Terenak

 1img_1335_Dwn.jpg

Lompat! (c) Muhammad Saadduddin Tenripada/Travelingyuk

Karena dekat pantai, sudah tentu tersedia makanan utama yang tidak jauh dari ikan dan seafood. Terutama karena Makassar juga memiliki beberapa makanan khas Manado dan Toraja yang mengutamakan cita rasa pedas dan asam serta menggunakan banyak sayur dan bumbu untuk masakannya.


Bahan bakunya rata-rata ikan dan harganya beragam. Untuk harga murah kalian bisa menikmati sekedar Konro dan juga Coto Makassar di warung pinggir jalan dengan rasa yang tidak kalah nikmat. Bagaimana? Tertarik?

sumber: https://travelingyuk.com/pantai-tanjung-bira-sulawesi-selatan/267364