0
Language
Currency

Jogan, Perpaduan Eksotik Air Terjun di Pantai Selatan Yogyakarta

travelingyuk.com



Pantai Jogan (c) Alviani Suwoko/Travelingyuk

Membahas wisata-wisata yang ada di Kota Yogyakarta memang tidak pernah bosan dan tidak pernah ada habisnya. Kota Gudeg ini memang sudah terkenal mempunyai banyak wisata alam, edukasi, dan berbagai wisata yang lainnya.


Wisata Pantainya juga terkenal dengan keindahan panorama pemandangan yang disuguhkan. Pantai Jogan Gunungkidul salah satunya. Wisata ini mempunyai pesona keunikan yang luar biasa cantik ditambah dengan air terjun di area bibir pantainya.


Lokasi Wisata

 

Batu Karang di Bibir Pantai (c) Alviani Suwoko/Travelingyuk

Pantai Jogan berlokasi di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Berjarak kurang lebih 75 km dari Pusat Kota Yogyakarta. Untuk mencapai Pantai Jogan, perlu waktu sekitar 2 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi.


Tiket Masuknya Murah Banget

 

Eksotik Air Terjun Yang Ada di Bibir pantai (c) Alviani Suwoko/Travelingyuk

Harga tiket masuk wisata Pantai Jogan hanya dibanderol Rp10.000 per orang, sudah termasuk dengan retribusi masuk wisata pantai yang lainnya seperti Pantai Siung dan Pantai Nglambor. Biaya parkir di kawasan wisata ini dikenakan sebesar Rp2.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil.


 

Bentangan Laut Pantai Jogan (c) Alviani Suwoko/Travelingyuk

Jam operasional Pantai Jogan dibuka setiap hari senin sampai dengan minggu dan tanpa mengenal kata tutup alias buka 24 jam nonstop. Fasilitas di Pantai Jogan ini masih sangat minim yaitu hanya ada parkiran yang tidak begitu luas, warung makanan dan minuman kurang begitu menarik, tapi untuk toiletnya cukup memadai dan bersih.


Selalu Ramai Pengunjung

 

Ramai Pengunjung (c) Alviani Suwoko/Travelingyuk

Setiap libur akhir pekan (weekend) selalu ramai pengunjung, apalagi saat long weekend, biasanya wisatawan yang datang hingga 12 bus, belum termasuk wisatawan yang datang dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti motor dan mobil.


Biasanya, wisatawan datang dengan bus, parkirnya bisa di tempat parkir kawasan wisata Pantai Siung, karena di sana area parkirnya sangat luas dengan lokasi pantai yang bersebelahan dengan Pantai Jogan.


Pesona Pantai dan Air Terjun

 

Batu Karang Pemecah Ombak (c) Alviani Suwoko/Travelingyuk

Banyak sekali wisata pantai yang ada di Gunungkidul, tetapi di masing-masing pantai mempunyai keunikan tersendiri, salah satunya adalah Pantai Jogan yang terkenal dengan Air Terjunnya tepat di bibir pantai.


Ketinggian air terjun di pantai ini mencapai 12 meter dengan sumber air yang mengalir berasal dari perbukitan di sebelah utara Pantai Jogan. Air terjunnya sendiri memiliki keunikan yang langsung mengalir ke laut karena Pantai Jogan tidak memiliki garis batas laut.


 

Batuan Karang di Tepi Pantai (c) Alviani Suwoko/Travelingyuk

Untuk menikmati air terjun yang ada, Teman Traveler harus siap turun ke bawah dulu dengan memilih dua cara., Cara yang pertama adalah melalui tehnik canyoning atau rappeling di air terjun. Cara ini memerlukan keberanian dan kemampuan serta harus didukung dengan peralatan agar bisa menaklukkannya.


Cara yang kedua adalah dengan menapiki turunan yang licin dan basah. Untuk cara kedua ini Teman Traveler harus hati-hati, karena jalur air terjun di Pantai Jogan ini sangat curam.


 

Keindahan Pemandangan Yang di Suguhkan (c) Alviani Suwoko/Travelingyuk

Teman Traveler dapat melihat indahnya Samudera Hindia dengan berada di atas air terjun. Teman Traveler juga dapat menyaksikan deburan ombak yang sangat besar. Tidak perlu merasa ngeri, karena Teman Traveler dapat menikmati keramahan percikan air saat kaki-kaki menjamah kerasnya batuan karang.


Selain itu, pada tengah-tengah pantai, terdapat sebuah batu karang besar yang berfungsi sebagai pemecah ombak yang datang, sehingga menambah keindahan Pantai Jogan ini. Pada saat senja, Teman Traveler juga dapat menikmati ungunya langit yang sangat indah dan dapat digunakan untuk berfoto-foto di sekitar pantai karena memiliki keindahan yang luar biasa.


sumber: https://travelingyuk.com/pantai-jogan-yogyakarta/271836