0
Language
Currency

Diskusi Webinar "Kiat Menciptakan Inovasi Pengembangan Wisata Alam Dengan Acuan Standar GSTC" (5 Mei 2020)

Pendahuluan

Wisata alam alam merupakan destinasi andalan Indonesia. Keindahan alam oleh beberapa daerah dijadikan sebagai modal dalam mengembangkan pariwisata demi meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar sekaligus menambah pendapatan asli daerah. Kopisetara adalah koperasi primer nasional yang anggotanya adalah usaha pelaku di bidang wisata alam yang bertujuan menjadi penggerak utama wisata alam yang berkelanjutan. Saat ini anggotanya lebih dari 60 orang yangi berada di 9 propinsi. 

Salah satu pedoman berkelanjutan yang menjadi acuan adalah GSTC (Global Sustainable Tourism Council) sebagai standar dasar global untuk keberlanjutan dalam perjalanan dan pariwisata. Ada tiga aspek utama yang menajdi dasar, yaitu aspek lingkungan, sosial, dan ekonomi baik untuk saat ini maupun pada masa depan. Kriteria digunakan untuk pendidikan dan peningkatan kesadaran, pembuatan kebijakan untuk bisnis dan lembaga pemerintah dan jenis organisasi lainnya, pengukuran dan evaluasi, dan sebagai dasar untuk sertifikasi.

Perkembangan pariwisata alam di Indonesia tidak dapat terlepas dari UKM, termasuk UKM di bidang wisata alam yang semakin bertumbuh sejak 30 tahun belakangan ini. Sebut saja usaha naik gunung, berkemah, paralayang, selam dan arung jeram. Belum lagi usaha penginapan penduduk di daerah-daerah terpencil.

Kopisetara mempunyai visi menjadi penggerak utama wisata alam di Indonesia, berkeyakinan bahwa ketiga aspek utama GSTC tersebut perlu disosialisasikan. Bekerjasama dengan LPK Inspire, Travel and Tourism Learning Centre, Kopisetara akan terus mempromosikan pariwisata alam yang berkelanjutan kepada UKM pariwisata di Indonesia.


Tujuan

1. Menyosialisasikan GSTC kepada seluruh UKM pelaku wisata alam

2. Menciptakan inovasi dalam mengembangkan wisata alam yang mengacu pada standar GSTC

3. Berbagi pengalaman strategi dalam menyiapkan UKM pasca pandemi

Sasaran

1. Para pelaku UMKM wisata alam di Indonesia; operator kegiatan, penginapan, destinasi wisata alam

2. Para peminat/ calon wirausahawan di bidang wisata alam 

3. Masyarakat umum

4. Komunitas akademisi pada kampus atau sekolah pariwisata


Hasil yang diharapkan

1. Sebagai wadah diseminasi informasi penting bagi UMKM wisata alam

2. Terbangunnya semangat inovasi dan harapan baru usaha wisata alam pasca pandemi

3. Terciptanya wisata alam yang berkelanjutan



Narasumber

1. Ir. Victoria Br. Simanungkalit, MM (Deputi Produksi & Pemasaran Kemenkop & UKM

2.     Dr. Fransiskus Xaverius Teguh, MA (Staf Ahli Bidang Pembangunan Berkelanjutan Dan Konservasi Kemenparekraf)


Pelaksanaan

Kopisetara bekerjasama dengan LPK Inspire Travel and Tourism Learning Centre. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada:

Tanggal  : Selasa, 5 Mei 2020 

Waktu  : 14.00 – 16.00

Biaya  : gratis

Pendaftaran  Klik Di Sini


Penutup

Kopisetara sebagai penggerak utama wisata alam di Indonesia akan terus berusaha membangun iklim usaha wisata alam berkelanjutan, salah satunya dengan menyosialisasikan prinsip-prinsip pariwisata yang berkelanjutan serta membangkitkan kapasitas wirausahawan di bidang wisata alam. Webinar ini merupakan salah satu langkah awal dalam menciptakan pelaku industri wisata alam yang berdaya saing dan berkualitas.