0
Language
Currency

Kuliner Khas Timor Tengah Selatan, Cita Rasa NTT yang Bikin Lidah Bergoyang

travelingyuk.com

 Setiap daerah punya kuliner khasnya masing-masing. Di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur, ada banyak kuliner khas Timor Tengah Selatan yang tawarkan cita rasa unik. Pastinya pantang dilewatkan jika Teman Traveler termasuk seorang petualang rasa.


 Jagung Katemak via Facebook Promosi Wisata TTS

Kabupaten TTS sendiri berjarak sekitar 110 km dari Kupang, bisa ditempuh dengan perjalanan 2-3 jam dengan kendaraan pribadi maupun umum. Setidaknya ada empat kuliner khas Timor Tengah Selatan yang wajib Teman Traveler nikmati. Apa saja? Yuk, simak ulasannya berikut ini.


Jagung Bose

 

Jagung Bose via Facebook Promosi Wisata TTS

Makanan khas TTS pertama yang wajib Teman Traveler coba adalah jagung bose. Sajian berbahan dasar jagung ini diolah dengan cara ditumbuk terlebih dulu. Tujuannya agar kulit dari biji jagung tersebut keluar. Kemudian, jagung akan dicuci dan dimasak sampai ‘noe’ atau lembut.


Jagung bose biasanya dicampur bersama kacang tanah, kacang nasi dan daun pepaya agar lebih enak saat dimakan. Jika Teman Traveler sedang menjelajah wisata Nusa Tenggara Timur, jangan sampai melewatkan sajian unik ini ya.  


Jagung Katemak

 

Jagung Katemak via Facebook Promosi Wisata TTS

Salah satu makanan khas TTS yang pantang Teman Traveler lewatkan, yaitu Jagung Katemak. Bahan dasarnya juga menggunakan jagung, persis seperti kuliner sebelumnya. Namun, cara pengolahan awalnya cukup berbeda.


Alih-alih ditumbuk, jagung katemak dimasak utuh hingga lembut dan dicampur kacang, buah, serta daun pepaya. Hidangan ini paling cocok  disantap bersama ikan goreng, maupun sambal lu’at.


Daging Se’i

 

Daging Se’i via Facebook Promosi Wisata TTS

Makanan khas TTS ini sudah terkenal sampai di luar negeri lho, Teman Traveler. Sensasi rasa yang ditawarkan daging se’i memang benar-benar khas, nikmat, dan berbeda. Olahan daging ini biasanya dipotong mamanjang dan diasapi hingga berwarna kecoklatan. Bahan utamanya bisa menggunakan daging sapi, maupun babi. 


Sambal Lu’at

 

Sambal Lu’at via Facebook Promosi Wisata TTS

Sambal Lu’at merupakan lauk favorit di NTT, khususnya bagi warga Kabupaten TTS. Cita rasanya benar-benar bisa bikin ketagihan. Racikannya terdiri dari kombinasi irisan daun bawang, cabe merah ulek, dan beragam bumbu masakan kaya rasa. Sambal nusantara ini dijamin bakal bikin lidah bergoyang deh.



Itulah empat kuliner khas TTS yang bisa Teman Traveler coba. Ingat, beberapa masakan seperti Jagung Bise dan Katemak tidak akan bisa ditemui di warung-warung biasa. Jika sedang jelajah wisata NTT, kalian bisa mampir ke rumah warga lokal. Jadi, mau coba yang mana dulu?

sumber: https://travelingyuk.com/kuliner-khas-timor-tengah-selatan/230696