0
Language
Currency

Intip Cantiknya Sentra Kerajinan Gerabah Banyumulek Lombok Barat

travelingyuk.com

Lombok dikenal dengan keindahan alamnya, mulai pantai hingga gua. Namun kali ini kontributor Travelingyuk, Aziz Syafroni, akan mengajak Teman Traveler ke lokasi yang cukup berbeda. Tempat yang dimaksud adalah sentra kerajinan gerabah Banyumulek, Lombok Barat. Seperti apa? simak ulasan lengkapnya berikut ini.


Desa Wisata Lombok


Gerbang masuk Desa Wisata Banyumulek (c) Aziz Syafroni/Travelingyuk

Banyumulek termasuk salah satu kawasan desa wisata di Lombok. Daerah ini memang terkenal dengan kerajiban gerabahnya. Reputasi tersebut sudah bisa dibuktikan sejak Teman Traveler menjejakkan kaki di gerbang masuk desa.


Salah seorang warga Banyumulek tampak sedang membuat kerajinan gerabah. Prosesnya dilakukan begitu teliti dan mendetail. Agar maksimal saat dibakar, permukaan gerabah dibasahi air sedikit demi sedikit.


Salah seorang warga Banyumulek sedang membuat kerajinan gerabah (c) Aziz Syafroni/Travelingyuk

Desa Banyumulek merupakan salah pusat pembuatan kerajinan gerabah terbesar di Lombok. Namanya sudah tak asing di telinga sebagian besar masyarakat Pulau Seribu Masjid.


Ragam Hiasan Cantik dari Gerabah


Hiasan dinding dari tanah liat (c) Aziz Syafroni/Travelingyuk

Teman Traveler yang menyukai wisata berbau budaya wajib berkunjung ke Desa Wisata Banyumulek. Terdapat sederet kerajinan tradisional cantik terbuat dari tanah liat. Semua diolah sedemikian rupa hingga menjadi barang yang memiliki nilai ekonomi.


Seperti yang Teman Traveler bisa lihat di atas, salah satu kerajinan tersebut berbeuntuk hiasan dinding dengan kaligrafi Al Quran. Bentuknya cantik, cocok pula dijadikan oleh-oleh untuk kerabat di rumah.



Kendi cantik dari tanah liat (c) Aziz Syafroni/Travelingyuk

Ada juga kendi dengan motif cantik dan menarik, berhiaskan corak bunga keemasan maupun gambar itik Ukurannya beragam, panjang hingga pendek. Kendi ini bisa digunakan untuk mandi maupun mengambil air wudhu.



Asbak dan gelas dari tanah liat (c) Aziz Syafroni/Travelingyuk

Kerajinan lainnya meliputi wadah serbaguna untuk menyimpan buah atau makanan lainnya. Teman Traveler juga bisa menemukan gelas dengan hiasan motif cantik. Terlihat sangat menarik bukan?



Piring dari tanah liat (c) Aziz Syafroni/Travelingyuk

Satu lagi yang tak kalah menarik adalah piring dari tanah liat. Bentuknya lumayan unik, dengan hiasan putih bernuansa tradisional. Sangat layak dijadikan buah tangan usai mengunjungi Lombok.


Melihat Langsung Proses Pembuatan Kerajinan

Pengunjung Desa Wisata Banyumulek juga bisa melihat langsung proses pembuatan kerajinan gerabah. Seperti terlihat dalam gambar di atas, kendi-kendi ditata rapi selama memasuki proses pengeringan. Semuanya dibuat dari tanah liat.


Salah satu perwakilan warga desa akan menyambut pengunjung dengan ramah. Teman Traveler akan diajak menyaksikan proses pembuatan gerabah mulai dari penjemuran, penghalusan, pengecatan, hingga akhirnya menjadi kerajianan cantik.


Mudah Dijangkau dan Cukup Murah


Kerajinan gerabah Desa Banyumulek (c) Aziz Syafroni/Travelingyuk

Desa Banyumulek terletak di Jl Kediri, Kabupaten Lobar, Nusa Tenggara Barat. Dari wilayah Mataram bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 20 menit.


Selain melihat pembuatan kerajinan gerabah, Teman Traveler juga bisa membawanya pulang sebagai oleh-oleh. Harganya lumayan terjangkau, mulai Rp30.000 hingga Rp100.000. Soal kualitas tak perlu diragukan, bahkan ada yang sampai diekspor ke Selandia Baru.


Itulah sedikit ulasan mengenai kerajinan gerabah Desa Banyumulek, Lombok Barat. Jangan lupa sempatkan datang ke sini jika Teman Traveler sedang berkunjung ke Pulau Seribu Masjid.


sumber: https://travelingyuk.com/gerabah-banyumulek-lombok-barat/151472