0
Language
Currency

Obati Rasa Rindu Pendaki, Kemenparekraf Gelar Virtual Tour Festival Wisata Gunung Indonesia 2020

tribunnews

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI bekerja sama dengan Koperasi Sentra Wisata Alam Nusantara (Kopi Setara) menggelar acara 'Virtual Tour Festival Wisata Gunung Indonesia 2020' mulai dari 19-24 Oktober 2020.

Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Kemenparekraf Rizki Handayani berharap acara virtual tour wisata gunung ini dapat mengobati rasa rindu para pecinta gunung akan indahnya pegunungan Indonesia.

"Sekaligus membekali masyarakat mengenai hal-hal  yang perlu disiapkan sebelum melakukan wisata pendakian gunung," kata Rizky Handayani dalam siaran tertulis pada Jumat (16/10/2020).

Menurutnya, di masa pandemi seperti sekarang ini wisata gunung tetap menyehatkan apabila dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

Aan Ambaryati dari Kreasi Indo Multi Pesona selaku penyelenggara mengatakan ini adalah sebuah acara jelajah destinasi wisata gunung di Indonesia yang dilakukan secara virtual.

Dijelaskan Ambar, para peserta akan diajak menikmati keindahan alam pegunungan seolah-olah mereka sedang berada di gunung tersebut dipandu oleh Asosiasi Pemandu Gunung Indonesia (APGI).

Adapun enam destinasi pengunungan yang akan dijelajahi secara virtual yakni Gunung Semeru, Gunung Prau, Gunung Merapi, Gunung Kerinci, Gunung Batur, dan Gunung Rinjani.

Lebih detail lagi dijelaskan, untuk dapat menjelajah secara virtual pihaknya akan menggunakan aplikasi Zoom. Pertama kali akan dilaksanakan pada 19 Oktober dengan destinasi Gunung Semeru.

"Link zoom-nya http://bit.ly/_VTFSemeru. Esok harinya Gunung Prau, link-nya http://bit.ly/VTFPrau. Penjelajahan beberapa pegunungan di Indonesia berlanjut hingga tanggal 24 Oktober di jam yang sama, yakni pukul 14.00 WIB sampai 15.30 WIB," jelas Aan Ambaryati.

"Link virtual lainnya yakni http://bit.ly/VTFMerapi, http://bit.ly/VTFKerinci, http://bit.ly/VTFBatur, dan http://bit.ly/VTFRinjani," jelas Ambar.

Agar lebih memeriahkan acara ini, Ambar mengungkapkan bahwa penyelenggara telah menyiapkan hadiah menarik untuk wisatawan terbaik. Tapi dia enggan menyebutkan bentuk hadiahnya.

"Tak kalah pentingnya, acara ini menjadi ajang silaturahmi para pencinta alam, pendaki gunung, dan mencari atau untuk mendapatkan teman baru," tuturnya.

Selain itu, lanjutnya, di acara ini para peserta juga akan mendapatkan wawasan tentang teknik-teknik pendakian gunung dari Federasi Mountaineering Indonesia (FMI).

sumber: https://jakarta.tribunnews.com/2020/10/16/obati-rasa-rindu-pendaki-kemenparekraf-gelar-virtual-tour-festival-wisata-gunung-indonesia-2020